Kanker Paru-Paru

Kanker paru-paru adalah tumor ganas yang menyerang jaringan di dalam paru-paru. Sebagian besar kanker paru-paru disebabkan abnormalitas sel-sel di dalam paru-paru tetapi kanker paru-paru juga dapat berasal dari kanker di bagian tubuh lainnya yang menyebar ke paru-paru. Jenis kanker ini lebih banyak ditemukan pada laki-laki dan umumnya menyerang kelompok usia di atas 40 tahun tetapi tidak menutup kemungkinan jika terjadi pada usia yang relatif lebih muda.

Faktor Resiko terserang Kanker Paru-paru: 1. Merokok merupakan penyebab utama dari sekitar 90% kasus kanker paru-paru pada pria dan sekitar 70% pada wanita. Semakin banyak rokok yang dihisap, semakin besar risiko untuk menderita kanker paru-paru. 2. Pencemaran dari polutan udara dan industri. 3. Adanya riwayat penderita kanker paru-paru dalam keluarga.

Gejala Kanker Paru-paru: 1. Batuk yang terus menerus atau menjadi hebat. 2. Dahak berdarah, berubah warna dan makin banyak. 3. Napas sesak dan pendek-pendek. 4. Sakit kepala, nyeri atau retak tulang dengan sebab yang tidak jelas. 5. Kelelahan kronis. 6. Kehilangan selara makan atau turunnya berat badan tanpa sebab yang jelas. 7. Suara serak/parau. 8. Pembengkakan pada wajah atau leher.

Pencegahan Kanker Paru-paru dapat dilakukan dengan cara: 1. Berhenti merokok. 2. Hindari asap rokok bagi perokok pasif. 3. Berhati-hati bagi yang bekerja di industri yang menghasilkan polutan karsinogenik. 4. Tidak minum alkohol secara berlebihan. 5. Mengonsumsi makanan yang bergizi seperti sayur dan buah.

Bagaimana dengan pengobatannya? Jika anda memilih pengobatan kanker secara medis maka tindakan yang dapat dilakukan adalah dengan operasi pembedahan untuk mengangkat sel kanker, terapi radiasi, kemoterapi, dan penyuntikan Photodynamic (PTD).

Dikutip dari:www.deherba.com